Wednesday, March 16, 2011

10 Fitur Hebat dari Nokia E7

Nokia E7 - Di luar prakiraan banyak kalangan, Nokia E7 (Nokia MagnE7) mendapat sambutan menggembirakan publik Indonesia. Preorder gadget terbaru Nokia ini, mencatat ada lebih dari 1.000 pemesan. Apa daya tarik Nokia E7? Memiliki banyak fitur baru yang belum ada di ponsel sejenis, atau sekadar status symbol saja.

Bukan rahasia umum lagi bahwa communicator pernah menjadi status symbol di Indonesia. Pasalnya ponsel premium ini banyak digunakan para pimpinan puncak instansi pemerintahan maupun swasta di negeri ini, para kepala daerah, politisi hingga selebritis. Communicator menjadi device 'wajib tenteng', tak menjadi soal apakah device ini digunakan secara optimal atau tidak
Nokia E7
Communicator Nokia memang memiliki nilai lebih. Desain flip dengan papan ketik Qwerty menjadi salah satu unggulan. Ia didukung dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar, serta kemampuan multitasking yang mumpuni yang tidak dimiliki ponsel lain. Ponsel ini memiliki berbagai aplikasi bisnis, serta dukungan untuk komunikasi dan interaksi diantara para pelaku bisnis, seperti facsimile, akses ke internet dan push mail.

Lantas, untuk communicator generasi baru , inovasi apa yang dikembangkan Nokia. Dari sisi desain, terjadi perubahan yang signifikan. Communicator terbaru tak lagi bongsor seperti sebelumnya. Ia ramping serta memiliki banyak pilihan warna.

Secara konseptual, Nokia E7 menjadi penerus communicator. Lebih dari sekadar penerus, E7 menawarkan konvergensi dalam berkomunikas. Konvergensi tercermin dari integrasi beberapa fitur yang secara parallel bisa digunakan melakukan satu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Nokia E7 setidaknya memiliki sepuluh fitur inovatif yang belum dijumpai di ponsel kompetitornya.

Clear Black
Mengusung desain slider, saat dibuka pengguna seperti dihadapkan pada sebuah notebook atau desktop. Dengan papan ketik full qwerty dan display layar sentuh kapatitif tak perlu penyesuaian yang rumit untuk mengoperasikannya. Papan ketik ponsel ini juga nyaman digunakan. Untuk mengetik, cukup dengan sentuhan lembut di papan ketik. Layar sentuhnya juga nyaman digunakan.

Untuk display, Nokia membenamkan teknologi ClearBlack display. Ia menjadi salah satu unggulan Nokia E7. Dengan teknologi ini display Amoled 4 inci bisa dibuka kapan saja dimana saja. Termasuk di luar ruangan dengan cahaya penuh. ClearBlack mampu 'meredam' sinar matahari, sehingga pengguna tetap bisa menggunakan ponselnya.

User Interface
Tak perlu mengerutkan dahi untuk mengoperasikan Nokia E7, sekalipun gadget ini memiliki banyak fitur dan aplikasi. Tiga homescreen yang ada di ponsel ini—masing-masing memiliki enam widget--, membantu pengguna mengurai dan mengelompokan fitur sesuai dengan kebutuhan. Bahkan pada masing-masing widget bisa disisipkan empat shortcut.

Tiga homescreen ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan pengguna mengkategorisasikan fitur atau aplikasi yang dibutuhkan sesuai keperluan. Bisa saja homescreen pertama untuk kegiatan utama sehari-hari, sehingga pada homescreen ini bisa saja ditampilkan widget untuk calendar, kontak email dan sebagainya. Homescreen kedua untuk hal-hal bersifat pribadi, sementara homescreen ketiga untuk hiburan dan multimedia, misalnya dengan mengisi widget foto,video, musik, dan sebagainya.

Berpindah dari satu homescreen ke homescreen lain cukup dengan menggeser layar dengan satu jari. Mendukung multitasking, aplikasi yang ada di ponsel ini bisa diaktifkan secara simultan. Bila ingin mematikan aplikasi yang aktif, Anda cukup menyentuh tombol home, lalu menghapus aplikasi aktif yang tidak diperlukan lagi. Ikon dari masing-masing fitur juga cukup familiar.

USB on The Go
Nokia E7 merupakan smartphone kedua yang mendukung USB on the go. USB on the go menjadi semacam hub untuk melakukan berbagai fungsi, mulai dari membaca data yang ada di USB flash, memory card, eksternal memory hingga ponsel yang berbeda.

Ia juga berfungsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data, bilamana memori internal di ponsel telah penuh. Nokia E7 tidak dibekali dengan slot memori eksternal. Untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan, pengguna bisa menggunakan device eksternal yang dikoneksikan dengan USB on the Go.

USB on the go juga berfungsi sebagai input device. Sehingga pengguna juga bisa mengoperasikan ponsel dengan peranti pendukung, seperti mouse atau keyboard. Pengguna yang merasa papan ketik di ponsel terlampau kecil, bisa menggunakan keyboard eksternal baik wireless maupun kabel.

HDMI
Ponsel ini mendukung HDMI. Terdapat satu port HDMI serta satu hub atau konektor HDMI. Peranti ini memberi kemudahan pengguna untuk mengkoneksikan ponsel dengan display seperti plasma atau LCD. Port dan Hub yang sama juga bisa dikoneksikan ke pico projector. Ponsel bisa terkonekasi langsung ke display, karena port HDMI juga mendukung TV out.

Dukungan ini menjadikan seseorang bisa melakukan presentasi secara langsung dari ponsel, tanpa harus dikoneksikan ke notebook, dengan menggunakan pico projector atau langsung ke display. Kualitas gambar yang ditampilkan pada umumnya baik dan bergantung pada kualitas file atau format yang ditampilkan. Nokia E7 mampu mendeliver video dengan format full HD atau HDMI, dengan bantuan pico projector atau langsung ke display yang telah mendukung HDMI.

HDMI dan USB on the go memungkinkan pengguna Nokia E7 melakukan presentasi langsung dari ponselnya tanpa bantuan notebook. Bila membutuhkan dukungan projector, tak perlu menggunakan projector standar, bisa menggunakan pico projector yang simpel dan bisa masuk dalam saku.

Kontak dan Organizer
Kontak pada Nokia E7 berbeda dengan yang lain. Selain bisa menampilkan foto, kontak yang telah terintegrasi dengan jejaring sosial ini juga mampu menampilkan lima informasi terkait, seperti panggilan, pesan, email, alamat imel dan video call. Dengan demikian pengguna bisa mengetahui berapa pesan yang telah dikirimkan, serta membuka pesan tanpa harus masuk ke menu pesan. Hal yang sama berlaku untuk info lain seperti imel.

Kontak telah terintegrasi dengan facebook dan twitter. Ini berarti pengguna bisa mengetahui up date atau pesan di wall dengan membuka kontak bersangkutan, tanpa harus masuk ke aplikasi facebook atau twitter terlebih dahulu. Praktis memang. Melalui kontak, pengguna bisa melihat akun kolega di facebook atau twitter.
Nokia E7 memberikan sentuhan baru dalam organizer. Terdapat empat pilihan untuk organizer ini yakni harian, mingguan, bulanan dan to do list. Untuk event terdapat tiga pilihan yakni meeting, universarry dan to do. Untuk event, pengguna bisa menambahkan alarm sebagai pengingat. Organizer ini diperkaya dengan berbagai fitur pendukung seperti note, perekam suara, converter, kalkulator dan sebagainya.

FSecure
Sistem password dikembangkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna. Ini dimaksudkan untuk menghindari penggunaan ponsel oleh orang lain yang akan merugikan pemiliknya. Untuk security, Nokia membenamkan Fsecure. Ia merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna Nokia E7 melakukan lock dan wipe (menghapus) data-data yang ada di ponsel, saat ponsel hilang atau dicuri.

Lock atau wipe bisa dilakukan dengan mengirim SMS. Yang menarik, saat ponsel ini hilang dicuri, pengguna juga bisa melacak keberadaan ponsel dengan bantuan Nokia Maps. Untuk akses intranet, dikembangkan suatu sistem security yang akan menjamin keamanan komunikasi maupun data-data yang ditransfer. Selain aman, koneksi intranet dengan dukungan Nokia Mobile VPN juga semakin mudah dan simpel.

File Manager
File manager mampu menampilkan berbagai file/ folder yang ada di masing-masing drive. Baik drive yang ada di ponsel (termasuk backup), maupun file atau folder yang ada di memori eksternal, yang terbaca dengan menggunakan USB on the go.

USB On the go mampu membaca berbagai format eksternal memory, seperti USB Flash, MicroSD Card, eksternal drive berkapasitas besar. Yang menarik USB on the Go juga bisa membaca file yang ada di ponsel Nokia.

Pengguna bisa membuka masing-masing file atau folder yang terbaca. Dengan menggunakan File manager yang ada, penggunanya bila melakukan kustomisasi, mulai dari mengubah, mengkopi, mengubah nama, hingga melakukan proteksi dengan menggunakan password.

Messaging
Messaging di ponsel ini relatif lengkap, mulai dari sms, MMS hingga push mail. Selain dukungan push mail hingga 10 akun menggunakan layanan Nokia messaging, Nokia E7 juga menyediakan dukungan untuk akun korporat melalui layanan exchange. Untuk mengaktifkan layanan ini tak membutuhkan setingan yang rumit.
Untuk push mail, pengguna cukup memasukan akun imel dan password, pada masing-masing akun. Hal yang sama berlaku untuk exchange. Tak lagi dibutuhkan IP Adress atau informasi lain untuk koneksi dengan server di kantor, selain akun imel dan password, cukup memasukan nama portal kantor.

Untuk pengguna di Indonesia, Nokia Indonesia menambahkan akun dan layanan IM2 dan CBN di ponsel ini. Pengguna layanan IM2 dan CBN bisa langsung mengintegrasikan E7 dengan layanan yang dinikmati di IM2 dan CBN. Lebih dari sekadar simpel untuk setingan, messaging E7 juga mengintegrasikan messaging.
Misalnya, Anda ingin mengirimkan pesan kepada kolega Anda. Anda cukup mengetik pesan yang akan disampaikan. Anda juga bisa mengatur subjek dan CC pada pesan ini. Mau menyisipkan konten lain seperti foto, gambar, video klip, rekaman suara, template, slide atau kartu bisnis juga mudah. Lantas Anda mau mengirimkan melalui imel atau MMS, hanya butuh satu sentuhan saja.(Republika.co.id)

Tags: Nokia E7, Nokia MagnE7, Harga Nokia E7, Spesifikasi Nokia MagnE7

No comments:

Post a Comment