Tuesday, March 29, 2011

Performa Hebat dari HTC Thunderbolt

Penasaran dengan performa maupun fitur yang ditawarkan ponsel terbaru besutan HTC yang resmi didaratkan ke pasaran Amerika Serikat pada 17 Maret lalu dengan digandeng operator Verizon Wireless? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan coba suguhkan kepada Anda review singkat dari HTC Thunderbolt.

Ketika pertama kali melihat ponsel ini secara sekilas, kami melihat sepertinya desain dari HTC Thunderbolt mirip dengan ponsel HTC EVO 4G dan juga Inspire 4G, apalagi ketiganya sama-sama menawarkan layar berukuran 4,3 inci. Apa jangan-jangan HTC Thunderbolt memang remake dari HTC EVO 4 G dan HTC Inspire 4G? Entahlah, kami tak berani memastikan hal itu karena memang tak ada penjelasan resmi dari pihak HTC mengenai hal itu. Yang jelas, jika dilihat dari segi kemiripan desain, memang besar kemungkinan kalau HTC Thunderbolt adalah remake dari EVO 4G (Sprint) dan Inspire 4G (AT&T) yang memang disiapkan khusus untuk operator Verizon.

Terlepas dari hal itu, yang jelas jika ditinjau dari segi desain HTC Thunderbolt memang terbilang cukup simpel. Meski begitu, hal itu tak membuat desain dari HTC Thunderbolt dikatakan kurang menarik. Justru dengan desain simpel itu lah kami mengatakan kalau desain ponsel Android ini cukup menarik.

Tapi sayang, dalam hal bobot dan ketebalan sepertinya kali ini HTC kurang begitu memberi perhatian. Bayangkan saja, HTC Thunderbolt memiliki bobot seberat 164 gram dan ketebalan 13mm. Yang mana, itu terbilang lebih berat dan lebih tebal dibanding ponsel-ponsel keluaran rivalnya. Jadi jangan heran jika tangan Anda akan cepat lelah ketika menggunakan ponsel ini dalam waktu lama.

Meski begitu, bagi sebagian konsumen, ponsel yang memiliki bobot lebih berat ternyata tak selamanya menyebalkan. Buktinya, para konsumen itu menilai kalau ponsel yang memiliki bobot lebih berat justru akan terasa lebih kokoh ketika berada di genggaman. Jadi semua itu dikembalikan lagi kepada Anda. Kalau Anda suka dengan ponsel yang agak berat, itu berarti ponsel ini sangat cocok untuk Anda. Tapi jika Anda kurang suka dengan ponsel yang berat, mungkin Anda harus berpikir ulang untuk membelinya.

Bagaimana, sedikit kecewa dengan HTC Thunderbolt? Jika ya, maka ada baiknya Anda simak lebih jauh review singkat kami ini sebelum Anda menyimpulkan sendiri. Pasalnya, kekecewaan Anda akan langsung terobati dengan berbagai kelebihan lain yang ada pada HTC Thunderbolt.

Kalau begitu, sekarang mari kita bahas tentang kualitas layar, performa, serta kamera dari HTC Thunderbolt.

Untuk layar, kualitasnya tak jauh berbeda dengan layar dari HTC EVO 4G dan Inspire 4G. Yang mana, layar tersebut terbilang cukup baik. Karena layar HTC Thunderbolt yang berukuran 4.3 inci mampu menampilkan gambar yang cukup jernih dan terang. Sehingga mata Anda dijamin tak akan sakit ketika melihat layar HTC Thunderbolt. Apalagi dipakai untuk menonton video, layar HTC Thunderbolt benar-benar tak mengecewakan kami.

Sedangkan untuk performa, hasil kolaborasi antara prosesor 1GHz Scorpion, Adreno 205 GPU, Qualcomm MSM8655 Snapdragon dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo juga terbilang cukup mengesankan. Karena, setiap percobaan yang kami lakukan sejauh ini dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Terlebih lagi dalam hal data akses, ponsel ini benar-benar sangat cepat. Jadi jangan heran ketika Anda melakukan transfer data maupun melakukan aktivitas browsing, karena kecepatan akses data layaknya sebuah personal komputer maupun laptop. Yang jelas, proses akses data pada HTC Thunderbolt benar-benar cepat, tak seperti yang kami prediksi sebelumnya.

Begitu juga untuk kamera. Salah satu fitur utama dan menjadi fitur unggulan dari HTC Thunderbolt itu juga terbilang cukup fantastis. Sensor kamera 8MP yang dibalutkan benar-benar dapat melakukan tugasnya dengan baik, meskipun digunakan untuk mengambil gambar dalam kondisi ruangan kurang cahaya. Mungkin, hal itu karena adanya dukungan dari lampu flash ganda, autofocus, serta face detection. Sahingga, sensor kamera tetap mampu menangkap gambar dengan sangat tajam dan terang. Yang jelas, kami menilai hasil jepret dari kamera HTC Thunderbolt layaknya hasil jepret dari kamera digital biasa.

Dan terakhir, ditambah lagi dengan kemampuan perekam video yang cukup membuat kami terkejut. Mulai dari kualitas rekam hingga kualitas suara yang dihasilkan HTC Thunderbolt benar-benar terbilang cukup baik. Sepanjang percobaan yang kami lakukan, kami tak menemukan proses perekaman terganggu atau terputus-putus. Apalagi ketika memutarnya dengan aplikasi pemutar video yang disediakan, selama proses pemutaran itu kami sangat terhibur dengan tayangan yang disuguhkan.

Jadi bagi Anda yang punya hobi memotret maupun membuat video aktivitas keseharian Anda, HTC Thunderbolt bisa Anda jadikan pilihan tepat dan memikat.

Tapi sayang, untuk daya tahan baterai kabarnya kurang begitu maksimal. Karena beberapa sumber kami yang telah mencoba menggunakan HTC Thunderbolt dalam waktu cukup lama, mereka mengaku agak sedikit kecewa dengan daya tahan baterainya. Tak dijelaskan secara pasti mengapa hal itu bisa terjadi, tapi yang jelas mereka mengaku kalau aktivitas mereka selama menggunakan HTC Thunderbolt hanya sedikit terganggu dengan daya tahan baterai.

Jadi, bagi Anda yang sering bepergian jauh, ada baiknya selalu membawa charger ataupun baterai cadangan kemana pun Anda pergi. Karena dengan begitu Anda tak perlu takut lagi akan kehabisan baterai ketika di perjalanan.

Yang jelas, dari kesemua hal yang kami temukan mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang ada pada HTC Thunderbolt, kami tetap menilai ponsel ini unggul dalam hal kecepatan akses data serta kemampuan kamera dan perekam videonya. Sedangkan untuk yang lainnya, meski terbilang baik namun tetap saja belum menjadi yang terbaik di kelasnya.

Jadi, kalau boleh kami beri nilai dari satu hingga sepuluh, kami akan memilih angka tujuh untuk ponsel terbaru besutan HTC ini.

Spesifikasi HTC Thunderbolt:
Jaringan: CDMA 800/1900, CDMA2000 1xEV-DO/LTE 700
Dimensi: 122 x 66 x 13 mm
Bobot: 164 gram
Layar: 4.3 inci (480 x 800 piksel) WVGA TFT Capacitive Touchscreen
Prosesor: 1GHz Scorpion, Adreno 205 GPU, Qualcomm MSM8655 Snapdragon
HTC ThunderboltAndroid 2.2 (Froyo) + HTC Sense 2.0
Kamera Utama (Belakang): 8MP (3264 x 2448 piksel), Autofocus, Dual LED Flash, Geo-tagging, Face Detection, Video Recording 720p
Kamera Tambahan (Depan): 1.3MP
Memori: 8GB Internal, 768MB RAM, microSD (up to 32GB)
Konektivitas: 3G, WiFI, DLNA, Bluetooth 2.1 + A2DP & EDR, microUSB v2.0
Fitur Lain: Accelerometer, Proximity sensor, G-Sensor, DNSe, Email, Push Email, IM, HTML web browser, Stereo FM Radio + RDS, Games, GPS, Video Skype & SNS, Digital Compass, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Google Talk, Picasa, MP3/MP4 Player, Organizer, Document Viewer
Warna: Black
Baterai: Li-Ion 1400mAh

Harga HTC Thunderbolt sekitar Rp6.500.000

No comments:

Post a Comment