Tuesday, June 7, 2011

Bermacam-macam Konsep dan Desain Ponsel

Apa Anda pernah menyadari bahwa ada banyak macam dan jenis Desain maupun konsep ponsel. Bahkan, dapat membuat sebuah ponsel semakin mumpuni atu dapat berharga dengan nilai tinggi karena dilengkapi oleh sesuatu yang berharga nilai tinggi. Sebut saja, Emas, Berlian, Kristal dan sebagainya. Tapi, kali ini saya hanya akan membahas macam-macam Desain dan Konsep ponsel saja . . . hehe. . .

Lanjut ke bagian pertama.


PONSEL CANDYBAR


Bentuknya simpel dan klasik seperti yang Anda lihat pada gambar di atas. Dan biasanya terdapat tombol tombol alfanumerik di bawah layarnya beserta D-Pad, call, end call, OK, dan Back. Ada juga ponsel Candybar yang dilengkapi layar sentuh yng nyaris memenuhi bodi sdepannya. Seperti gambar ponsel yang Anda lihat di atas, hanya ada beberapa tombol namun virtual yang dapat diakses oleh jari kita dengan fungsi masing-masing selebihnya kita dapat memanfaatkan layar sentuhnya untuk menjalankan aktivitas berponsel.

Candybar merupakan bentuk simpel sebuah ponsel dan nyaman di genggam oleh tangan dengan fitur fisik yang melengkapinya tanpa adanya fitur fisik tambahan pada bodi ponsel (Slider, Clamshell, dll). Ada juga ponsel Candybar dengan keyboard full QWERTY dan juga ponsel Candybar dengan 2 Input sekaligus yakni TouchScreen + Keyboard QWERTY atau Keypad Alfanumerik.

PONSEL CLAMSHELL

Berbeda dengan Candybar, yang satu ini justru memiliki Bodi Ponsel yang dapat di lipat atau putar + lipat. Sebagai contoh, coba saja Anda lihat ponsel-ponsel di atas. Keunikannya tentu saja dapat dilipat maupun di putar bodi utamanya yang terdapat layar guna mengakses fiturnya. Ketika bodi depan maka akan terlihat bodi ponsel semakin memnajang, ketika di tutup maka ponsel pun kembali ke bentuk semula. Dari tahun dulu lamanya, ponsel Clamshell ini selalu disuguhi Keypad atau Keyboard di bawah layarnya. Tapi, kini ponsel Clamshell sudah ada juga loh yang disuguhi 2 layar pada bodi utama (depan) maupun bodi dalam. Itupun, layarnya sudah berteknologi Sentuh.

PONSEL SLIDE (GESER)


Silde atau Geser adalah Desain dan Konsep ponsel yang sudah tak lazim di produksi oleh vendor-vendor ponsel. Pastinya, Anda telah mengenal ponsel berdesain atau berkonsep geser ini. Ada 2 macam ponsel Geser yakni, ponsel Slide Samping dan ponsel Slide Lurus. Ponsel Slide Samping biasanya menggunakan Keyboard QWERTY di dalamnya untuk digunakan alat ketik suatu Pesan. Desain ini membuat para pengguna menjadi mudah untuk mengetik Pesan dengan cepat karena sudah ada Keyobard QWERTYnya. Belakangan ini mucul pula ponsel Slide Samping dengan layar sentuh penuh. Jadi, Anda akan semakin mudah lagi untuk mengakses fitur-fitur ponsel Slide Samping ini. Berlanjut ke ponsel Slide Lurus atau Tegak merupakan Desain geser tegak yang dapat membuat bodi ponsel semakin memanjang. Desain ini memang terlihat simpel namun agak tebal sama seperti Slide Samping karena adanya bodi tambahan dalam ponsel.sama seperti Si Geser Samping, yang tegak lurus ini juga memiliki Keyboard QWERTY di dalamnya, namun ada juga yang menyediakan tombol Keypad Alfanumerik. Tentu, dilengkapi dengan layar biasa atau sentuh pada ponsel.

PONSEL JAM TANGAN


Dulu, Jam Tangan hanya berfungsi untuk melihat Jam saja. . . tidak ada fitur lain selain itu. Tapi, sekarang adalah zaman modern apapun bisa di buat oleh manusia. Bahkan, ponsel saja bisa di bentuk menyerupai Jam Tangan. Selain bentuknya yang unik, si ponsel jam ini juga sudah ditanamkan fitur media dan telepon dengan tombol-tombol keypad alfanumerik di bawah layarnya. Ada banyak ponsel jam tangan yang beredar di pasaran yang menggunakan layar biasa dengan keypad, maupun dengan layar sentuh penuh di bodi depannya. Ada juga yang membuat Ponsel Jam Tangan berkonsep Flip atau Clamshell.

No comments:

Post a Comment