Wednesday, July 13, 2011

APAKAH KEYAKINAN ITU?

Apakah keyakinan itu? Sering kali dalam kehidupan ini kita membicarakan berbagai hal tanpa mempunyai ide yang jelas tentang apa sebenarnya yang kita  bicarakan itu. Kebanyakan orang memperlakukan keyakinan seolah olah itu sesuatu, padahal itu sebenarnya adalah perasaan pasti tentang sesuatu. 

Kalau Anda mengatakan Anda yakin bahwa Anda cerdas, yang Anda katakan  sebenarnya adalah, "Saya merasa pasti bahwa saya cerdas." Rasa pasti itu memungkinkan Anda untuk menggali sumbersumber
daya yang memungkinkan Anda menghasilkan hasilhasil
cemerlang. Kita semua mempunyai jawaban di dalam diri kita untuk apa pun—atau setidaknya kita mempunyai akses terhadap jawaban-jawaban
yang kita butuhkan melalui orang lain. Akan tetapi, sering kali kurangnya keyakinan kita, kurangnya kepastian kita, membuat kita tidak dapat menggunakan kapasitas yang ada di dalam diri kita.


Cara sederhana untuk memahami keyakinan adalah merenungkan dasarnya:  sebuah ide. Ada banyak ide yang mungkin Anda renungkan, tetapi tidak sungguh-sungguh Anda yakini. Misalnya, ide bahwa Anda seksi. Berhentilah sejenak dan katakanlah kepada diri sendiri: "Aku seksi." Nah, entah itu hanya ide atau keyakinan, pada akhirnya akan tergantung pada seberapa besar kepastian Anda tentang kalimat yang Anda ucapkan itu. Kalau Anda berpikir, "Ya, aku tidak benar-benar seksi," yang Anda katakan sebenarnya adalah, "Saya
tidak merasa yakin bahwa saya seksi."

No comments:

Post a Comment