Wednesday, July 20, 2011

I Love You, HARD PANEL IPS – Part 1

 

Dari judulnya, pasti sudah tahukan betapa cintanya saya sama teknologi HARD PANEL IPS ini. Apakah Anda juga sudah mengenal tentang HARD PANEL IPS ini? Ayo, ikut saya untuk mengenal lebih dalam tentang teknologi ini...

HARD PANEL IPS merupakan teknologi terbaru yang digunakan oleh berbagai perangkat elektronik. IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching. Dengan menggunakan panel ini, maka beberapa kelemahan yang ada di PANEL VA (Vertical Allignment) dapat teratasi.

Teknologi HARD PANEL IPS sendiri sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1990, tapi baru populer di tahun 2009. Itu karena baru pada 2008, perusahaan-perusahaan elektronik besar mulai berlangganan HARD PANEL IPS. Pemasaran di tahun 2008 ini juga dimulai dengan pelanggan-pelanggan penting yang ada di dunia.

Pada Tahun 1970, LCD berbasis TN (Twisted Nematic) dikembangkan. Kemudian pada tahun 1990 IPS dikembangkan. Tahun 2008 Pemasaran IPS dimulai dengan pelanggan penting. Pada tahun 2009, Penghargaan Pemasaran Cina, penghargaan Hadiah Kedua, Evaluasi Peningkatan kesadaran yang bagus, Penyelenggara Asosiasi Manajemen Hong Kong. Kemudian Penghargaan Terpilih sebagai 10 merek terbaik di China, Evaluasi Keunggulan yang mudah disampaikan dengan pesan emosional, Penyelenggara 21st Century Biz. Herald, Interbrand. Kemudian Sertifikasi dari Institusi Mata dengan sertifikasi IPS menciptakan teknologi yang mengurangi ketegangan mata bagi para pemirsa TV dibandingkan dengan VA, Investigator Institut Mata Beijing - Cina

Pada Tahun 2010 Penghargaan Pemasaran Online, Penghargaan Pengembangan Pola Konsumsi TI (Industri Panel TV), Evaluasi Memberikan pilihan standar baru untuk pasar online TV LCD, Penyelenggara Yesky di Cina.

Pada 2009, HARD PANEL IPS menjadi terkenal karena meraih tiga penghargaan atas kemampuan marketing dan kualitasnya. Seperti Penghargaan Pemasaran Cina yang mendapat peringkat kedua. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Manajemen Hong Kong yang menilai atau mengevaluasi tentang Peningkatan kesadaran yang sangat bagus.

Kemudian juga meraih Penghargaan Pembangunan Merek Terbaik yang diselenggarakan oleh 21st Century Biz. Herald, Interbrand yang mengevaluasi tentang Keunggulan yang mudah disampaikan dengan pesan emosional. Lalu di tahun itu juga, HARD PANEL IPS mendapatkan Sertifikasi dari sebuah lembaga institusi mata yang isinya, HARD PANEL IPS menciptakan teknologi yang mengurangi ketegangan mata bagi para pemirsa TV dibandingkan dengan PANEL VA. Sertifikasi ini diberikan oleh Institut Mata Beijing, Cina yang menjadi investigator dari riset yang diselenggarakan.

HARD PANEL IPS VS PANEL VA

Belakangan, pada  2010, HARD PANEL IPS meraih penghargaan lagi, yakni Penghargaan Pemasaran Online yang diselenggarakan oleh Yesky di Cina. Penghargaan ini tentang Pengembangan Pola Konsumsi TI (Industri Panel TV) yang mengevaluasi tentang pemberikan pilihan standar baru untuk pasar online TV LCD.

Teknologi HARD PANEL IPS sendiri punya banyak keunggulan, misalnya kualitas gambar yang terang, karena waktu respon dan struktur, kristal cair yang ada di layar film lebih cepat dan strukturnya lebih stabil dan juga lebih optimal.

Dengan adanya struktur yang stabil dan optimal itu, maka proses sinyalnya jadi lebih cepat dan jumlahnya juga bisa lebih besar sehingga kita tak perlu khawatir lagi sinyal datanya akan hilang. Hal ini disebabkan pemakaian kawat tembaga yang nilai tahanannya lebih rendah dibandingkan dengankawat tembaga lain.

Selain itu juga, ada D-IC sumber yang sedikit jumlahnya dan struktur pikselnya lebih sederhana dibandingkan dengan PANEL VA. Jadinya HARD PANEL IPS ini lebih murah dan lebih canggih dari PANEL VA yang struktur pikselnya lebih kompleks. Berikut contoh gambar perbandingan antara kualitas warna HARD PANEL IPS dengan PANEL VA.

HARD PANEL IPS VS PANEL VA


Dari gambar diatas, kita bisa melihat bahwa pada gambar sebelah kiri bawah (HARD PANEL IPS) lebih terang warnanya dan lebih jernih, kualitasnya pun lebih bagus dibandingkan dengan gambar di sebelah kanan atas (PANEL VA) yang berwarna agak gelap dan kurang jernih.

Selanjutnya, mungkin kita akan bertanya-tanya dan keheranan, apa yang membedakan kedua panel tersebut? Untuk itu, saya akan berbagi informasi mengenai cara kerja kedua panel tersebut. Berikut juga ada gambar tentang cara kerja system HARD PANEL IPS (gambar sebelah kiri) dengan cara kerja system PANEL VA (gambar sebelah kanan).

HARD PANEL IPS VS PANEL VA


Gambar tersebut menjelaskan tentang cara kerja sistem kedua panel tersebut. HARD PANEL IPS memiliki molekul-molekul kristal cair berbentuk lingkaran yang stabil dan tersusun secara horisontal. Ketika kita sentuh layar film, walaupun struktur molekul-molekul tersebut sedikit tertekan, tetapi struktur keseluruhan masih menyebar secara horisontal. Kecepatan pemulihan PANEL IPS sekitar 10 kali lebih cepat dibandingkan PANEL VA.

Ketika dalam tegangan aktif atau kondisi ON, sel-sel kristal cair tersebut mulai bergeser ke posisi horizontal dan menggunakan tambahan transistor, hal ini dapat dihasilkan melalui penggunaan kawat tembaga dengan nilai tahanan yang rendah tadi.

Sementara itu, struktur PANEL VA ketika kita sentuh, kondisinya sangat tidak stabil. Struktur molekul-molekul tersebut menyebar secara berantakan atau tidak beraturan. Materi kristal cair pada waktu kondisi OFF berada dalam keadaan vertikal dan tidak ada transistor tambahan. Sel kristal cair tetap tegak lurus dengan substrat dan menciptakan tampilan hitam. Ketika dalam kondisi ON, sel-sel kristal cair mulai berubah menjadi ke posisi diagonal. Akibatnya dapat memungkinkan cahaya untuk melewati dan membuat tampilan putih.

Pada HARD PANEL IPS, kita dapat melihat gambar yang ditampilkan tetap stabil saat kita sentuh tanpa perubahan atau bekas sentuhan dan tidak akan ada tampilan putih pada layar. Sedangkan pada PANEL VA, ketika layar kita sentuh, kita akan melihat tampilan putih pada layar tersebut. Sehingga, HARD PANEL IPS bagus dan sesuai buat kita yang menginginkan modus touch screen di gadget atau perangkat elektronik kita lainnya.


HARD PANEL IPS VS PANEL VA



HARD PANEL IPS VS PANEL VA

 
Kemudian gambar kedua di bawah ini menjelaskan bahwa pada HARD PANEL IPS, ketika kita sentuh layar tetap akan stabil dan menampilkan gambar yang jelas pada layar. Sedangkan pada PANEL VA, ketika layar kita sentuh, akan menghasilkan bekas sentuhan yang berwarna. Bekas sentuhan tersebut terlihat dengan jelas berwarna hitam pada PANEL VA.

HARD PANEL IPS VS PANEL VA


HARD PANEL IPS VS PANEL VA

No comments:

Post a Comment