Saturday, August 6, 2011

Pengertian Papan Induk dan Komponen-komponen nya


Sudah dari dulu hingga sekarang Teknologi semakin canggih. Di mulai dari lahirnya perangkat Komputer hingga ponsel yang amat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, dalam suatu perangkat pasti di dalamnya terdapat sebuah Papan Induk atau dalam bahasa inggrisnya 'Mother Board'. Di dalam sebuah Papan Induk itu sendiri terdapat banyak komponen yang saling menyambung dan terhubung. Tapi, Apa Anda tahu Apa itu Papan Induk? Apa Fungsi Papan Induk? Dan Apa saja Komponen-komponen yang ada di Papan Induk?

Berikut Ulasan nya

Pengertian Papan Induk dan Fungsinya
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung. Pengertian lainnya adalah sebuah papan utama yang berupa PCB dan berisi konektor, jalur-jalur komponen suatu perangkat. Fungsi dari Papan Induk adalah untuk menyambungkan komponen-komponen suatu perangkat secara simpel seperti yang saya jelaskan di atas. Jika Anda pernah melihat bentuk Papan Induk, seharusnya Anda sudah paham dan tahu isi dalam Papan Induk.
Mother Board/Papan Induk
Segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat ada pada Komponen dan seluruh komponen yang akan disambungkan ada pada Papan Induk. Saya rasa Anda sudah cukup mengerti apa itu Papan Induk dan Apa Fungsinya.

Terakhir adalah Komponen Papan Induk. Dimulai dari prosesor, memori, VGA, Chipset, Batere CMOS, Power Supply, dan komponen lain terhubung menjadi satu di Papan Induk.

Dan berikut ini Komponen-komponen Dalam Papan Induk:

* Konektor Power

* Socket atau Slot Prosesor

* North Bridge Controller

* Socket Memori

* Konektor Floppy dan IDE

* AGP 4X slot

* South Bridge Controller

* Standby Power LED

* Slot PCI

*Port PS/2 Mouse

* Port Paralel dan Serial

* Port RJ-45

* Line in Jack

* Line out Jack

* Microphone Jack

* USB 2.0 port 1 dan 2

* USB 2.0 port 3 dan 4

* Port Video Graphics Adapter

* Konektor Keyboard

* Batere CMOS

Cukup itu saja yang bisa saya share. Di artikel berikutnya akan saya bahas semua tentang komponen-komponen yang ada di Papan Induk yang saya sebutkan di atas.

SELAMAT MEMBACA

No comments:

Post a Comment