Monday, October 3, 2011

Tips Bisnis Konsultan

Apakah pekerjaan konsultan itu sebenarnya?

Jadi, seorang konsultan itu memberikan analisis atau kajian, opini atau pendapat, serta penjabaran (detail) atas suatu fenomena yang menjadi fokus perhatian seorang pembuat keputusan atau sebuah organisasi. Satu hal yang pasti, konsultan tidak pernah membuat keputusan untuk klien, dia hanya memberikan analisis, opini, dan penjabaran. Keputusan tetap di tangan si klien. Seorang konsultan bukanlah pembuat keputusan untuk si klien.

Bekerja sebagai konsultan berarti bekerja di belakang layar. Tetapi ini sangat jarang.

Diperlukan sekitar 2 persen entrepreneur dari jumlah penduduk untuk mendukung optimalisasi pertumbuhan ekonomi. Meski dalam jumlah penduduk, Indonesia menempati posisi keempat terpadat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat, namun jumlah entrepreneur-nya masih berada di bawah 2 persen.

Dari jumlah itu, menurut perhitungan Kementerian Koperasi dan UKM, hanya 0,24 persen saja yang menjadi entrepreneur atau berwirausaha. Kita bisa memulainya dengan memperkenalkan 4 hal dasar yang berhubungan erat dengan entrepreneurship. Keempat hal yang dimaksud adalah ide, impian, visi dan konsep.

Ide
Dalam dunia entrepreneurship, ide bisa didefinisikan sebagai sesuatu yang perlu dipikirkan, diketahui atau diimaginasikan. Modal dasar seorang entrepreneur adalah ide dan sebaiknya pemikiran mengenai ide ini dikembangkan lagi menjadi sebuah pertanyaan untuk kemudian direalisasikan seperti “bagaimana sebaiknya ide itu diterapkan dengan cara terbaik atau dengan cara yang berbeda” dan sejumlah pertanyaan lainnya.

Impian
Dalam dunia entrepreneurship, impian bisa diartikan sebagai gambaran atau pemikiran. Seseorang dengan jiwa entrepreneur akan mulai bermimpi setelah mengumpulkan segudang ide di kepalanya.

Visi
Seseorang berjiwa entrepreneur akan mampu melihat serta merangkai dengan jelas di dalam pemikirannya bagaimana ide serta impian bisa berubah menjadi serpihan-serpihan langkah yang mendetil. Dan untuk menggapai hal itu, entrepreneur akan berjuang keras dengan mengoptimalkan kreativitasnya.

Konsep
Dalam dunia entrepreneur, konsep bisa diartikan sebagai gagasan abstrak atau kesimpulan ide. Bagi yang berjiwa entrepreneur, konsep tersebut pasti bisa diwujudkan dengan berbagai cara yang kreatif.


Lihat Juga:
andry pramudyamayyoli.blogspot.comnasib pegawai outsourcingpegawai outsourchingpegawai outsourcingoutsourcing pt posstruktur organisasi pt pos

No comments:

Post a Comment